UAS Risau?


Assalamualaikum
Selamat pagi
Selamat UAS!
*masuk sambil gendong meja belajar*


Hari ini hari kamis, 04 November 2014. Hari pertama UAS bagi sebagian siswa di sekolahan Makassar. Harusnya gue belajar kayak anak yang lain, ga nakal keliaran di blog jam segini *masuk siang kakahhh*.

Di dunia ini tidak ada orang yang mau gagal –tak terkecuali anak curut kayak gue-  tentunya ga ada yang mau, semua yang dikerjakan berjalan dengan ga lancar. Sama halnya dengan kami –angkatan yang jadi tikus percobaan 20 paket dan kurikulum 2013- juga ga mau, UAS kali ini bikin kita mimisan berjama’ah.
Bisa dikatakan UAS adalah titik puncak perjuangan belajar selama satu semester ini. dan udah tentu nilai UAS sangat menentukan kelulusan dari mata pelajaran sekolah yang diambil. jadi, ga usah sok heran kalau kita berharap untuk bisa menjawab soal-soal nantinya dengan lancar dan tentunya mendapat nilai yang memuaskan.

Jujur tadi malam, gue belum juga nyentuh apalagi liat buku pelajaran. Buku pelajaran ada di rumah sedangkan gue lagi di rumah lain. Kampretnya, gue pake lupa buku-buku. Pengen ngambil balik, gue kesandung hujan. Wajarlah, Novembrrr!
Pas malam kamis kemarin, baru aja lewat magrib, yang kebayang udah senin aja

RUMUS UMUM UJIAN >> Hari Biasa + UAS = ga mau tidur biar gak cepet besok

Iya. Gue ga sengaja takut. Entah kenapa gue jadi freak sendirian. Makanin kertas buku satu-satu gitu. Sebelumnya gue ga pernah kayak gini nih, tetep sante aja kalau UAS. 
Tapi setelah Negara Api menyerang.. semuanya berubah!

“Ta, ngelamun mulu?”
“Ta, mata lo berkaca-kaca gitu?”
“lo kenapa?”

Pftt. Padahal gue berasa fine aja. Mungkin gue pake acara-acara diam gitu kali yak? Orang ngelucu, yang biasanya gue timpalin sekarang udah ga mau gue.

Percayalah kawan-kawan, kalian.. BENAR! Maksud gue, kalian SALAH!

Gue cuma ga enak aja. Ini baru pertama kalinya gue UAS semester ganjil di sekolah, ga ditemenin abang lagi. Biasanya kalau ada materi sekolahan yang gue kurang paham, kurang kuasai. Gue bertapa dalem kamarnya dia, minta dibantuin jelasinnya. Bahkan beberapa kali gue sempet ribetin dia banget, gue Cuma ga ngerti aja. Tapi semakin dijelasin, makin ga ngerti. Dia keluar kamar sambil marah-marah. Gue ngedrop. Dia balik bawa martabak. Gue ngeup. Ternyata emang gampang balikin konsentrasi gue, Cuma martabak *cengir kuda*. Padahal pas UAS kelas satu kemarin, dia masih ngegep gue ngemis minta bantuan jawaban sama temen. Itu jewerannya sampe sekarang masih berasa.. *sambil pegang-pegang hidung* #salahfokus

Ini juga UAS pertama gue yang ga bareng keluarga yang lain. Itu rasanya.. *naikin bola mata, trible lalu shoot!*

Pagi ini gue bangun > ngambil anduk > nyalain TV > nyari kartun > ketiduran > anduk jadi selimut. *huft ga nyantai* Bangun-bangun harusnya gue mikirin kamuhh *eh* tapi sekarang beda, gue bangun-bangun udah mikirin UAS aja. Kamu kesingkir sama UAS, lemah!

Menu sarapan pagi ini pun beda banget, cuma: Baca buku pelajaran temen lain. Cuma gue kekenyangan, jadi baru tiga kalimat otak gue udah minta istirahat. Treatment istirahatnya juga banyakan ngemil dan nonton. Akhirnya ke sekolah lupa bawa percaya diri. Percaya diri jadinya ngemis lagi ke temen lain.

Gue jadi suka ngeluh kalau dijelasin sama temen yang baik hati. “ini kok susah ya?” dan akhirnya “udah ah, pasrah aja. Kerja aja yang gue bisa kerja”

Temen nampar gue pakek –pengennya sih pake martabak- “Ta. Ga apa ngeluh tapi ngeluhnya sambil dijalanin. Jadi pas ngeluhnya selesai, masalahnya juga ikut kelar”

Gue harus akui, that’s right!

Setelah dijelasin dan udah mayan ngerti sama materinya, gue coba refreshing ke roof top. Jadilah gue di sini sekarang. Hujan semalam nyisahin beberapa genangan air. Awan masih se-sad kemarin, cuma kali ini ga begitu menyedihkannya dari perasaan gue sekarang.

Gue duduk sambil mainin laptop disponsori dengan keluhan, “gimana kalau semester ini gue ga lulus? Jadi apa gue ntar?”

“Banyak yang kesiksa karena dia pemikir. Bedanya, ada yang setelah mikir lalu bertidnak ada juga yang setelah mikir yah mikir lagi”

Mungkin gue salah satu tipe pemikir ke dua. Gue ga tau kudu gimana lagi? Saat lo selama 6 bulan kemarin sempat pandang entengin pelajaran, lo harus gimana pas UAS? Itu gue ga kebayang, akan berapa ribu sel yang mati saat gue dibagiin soalnya dan ternyata soalnya ngg.. ga ada satupun yang lo ngerti? Gue bakalan gondok dan lebih memilih pura-pura mati x_x
Akhirnya dengan keluhan yang gue borong itu, gue sekali lagi dapet tendangan dari temen yang ngingetin :

 “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”  
Qs. Al-Ankabut : 2-3

Plus

 “….dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yg kafir.” 
Qs. Yusuf : 12

Gue nyesel jadi kafir, selama ini suka putus asa mulu. Parahnya gue baru sadar sekarang. Hahanya gue *tarik tissue*
Gue baru sadar akan ‘Penyakit menimbun dan membiarkan masalah jadi gede adalah masalah kronis, padahal gue belum coba’.
Sekarang gue jadi ngerti, kita dijatohin mulu sama berbagai macam masalah tujuannya apaan. Menurut gue sih, itu supaya kita ga berhenti berharap aja sama Tuhan. Iya. Berharap dengan berdoa bahwa keadaan akan menjadi baik dan terus membaik.
Bukannya harus ada keadaan buruk dulu sebelum keadaan baik?

Jadi sebenarnya intinya simple –Cuma pribadi gue aja yang ribetin-
 inti dari semua masalah adalah agar manusia semakin memahami apa yang harus dicari selama hidup.

Sekarang yang gue butuhin adalah : Sandang, Pangan, buku pelajaran, pasangan!

Sekian dari gue. Semoga Tuhan masih berada di pihak kita, semoga ujiannya sukses (sampe tanggal 10) dan semoga pengawasnya bersahabat (bisa ditanya dikit gitu. Saling membantulah, kita ciptain hubungan simbiosis mutualisme maksud gue mungkin komensalisme)

Assalamualaikum *salto-salto sambil baca rumus fisika*

0 bacotan:

Posting Komentar

Mau gawl++?

Komen keless
*ngemis dikomenin*