Selamat Hari Guru! #Latepost

*Pake sepatu*
*Rapiin seragam*
*tegapin badan*
*pake topi upacara*
*Tatapan angkuh ke depan dengan berani yang overdosis*
*latar di balik badan seperti sekolahannya heri poter*
*tiba-tiba keputar backsound nyeremin*
*pasang kuda-kuda*
*dehem dikit*
*lalu tereak*
..

SELAMAT HARI GURU, WAHAI MAKHLUK-MAKHLUK CIPTAAN ALLAH YANG SEMPURNA ABIS DENGAN ILMU DAN KESABARAN GA NYANTAI YANG UDAH NGAJARIN GUE BANYAK HAL. 

EN DEN.. LUK! GUE SAMPAI SAAT INI JADI TEMPAT SAMPAH, SETIDAKNYA ITU DIBUTUHIN JUGA. YAH, GUE MASIH DALAM PROSES PEMBENTUKAN JATI DIRI. SIAPA TAU GUE BESOK-BESOK UDAH JADI ORANG YANG BUANG SAMPAHNYA


Sebelumnya gue minta maaf, ngepost tentang hari gurunya telat abis. Gue ga apdet. Laptop temen, kemarin ngalahin gawlnya gue. Dia ngembat kopinya setarbaks jumbo yang emang harusnya diperuntukkan buat 3 anak curut, gue bareng temen yang lainnya. Jadi tepos -telat posting- deh gue. Walaupun gue telat mosting juga ga ada yang ngehirauin. Gue kurang pendekatan sama yuser-yuser blog yang lain. Maklum, gue pemalu hihi. Takut dikira sokenal, sodekat! gitcuuh. Jadi gue pasrah lah kalau emang ga ada yang mau bacak. hiks *nangis di pojokan entri*

Biar asik, gue terima kasih satu-satu aja kali yah sama guru-guru gue selama gue hirup oksigen?
Oke. Biar kelihatan keren, gue ala-ala pembina upacara naik ke mimbar upacar aja. Kostum gue juga kayaknya buru diganti aja yah?
Kostum supermen? Oh ga mungkin, ini bukan waktunya untuk nolongin kucing di atas pohon
Kostum sepidermen? yakaleee, gue pidatonya sambil jongkok-jongkok ngerangkak gituu
Kostum ala-ala pahlawan dulu? terlalu tua buat gue
Ga ada yang cocok perasaan, ah bodoh ah..
Gue mulai aja pake baju kantoran, biar dikira udah sukses.. aamiin! *udah exit aja, intinya juga kosong kok*

1. Gue terima kasih abis buat guru sekolahan gue. Mulai dari guru TK sampai guru SMA sekarang. Kalian udah ngajarin banyak hal yang berartinya juga ga tanggung-tanggung. Tanpa kalian, mungkin gue udah ga tau bernafas dan mati begok karena harus ngapal kali-kalian yang ngg.. banget. Khusus buat guru SMA gue yang sekarang : Kami ga minta apa-apa kok, bu, pak. kami cuma minta hadiahnya tuh sehari doang, bebas dari tugas!
Guru balik jawab sangar dengan konstrasi kekileran berkurang : Sayangnya tugas udah takdir kalian. Sekarang buka buku cetak halaman 206, kerjakan soal pilihan ganda 50 nomor dan juga soal bagian dua essay 25 nomor. Bagian tiga, 100 nomor dikerja di rumah. Besok kumpulin di meja saya, jam7 tepat! *lalu caww begitu saja, menyisahkan rintihan kemirisan yang keluar dari mulut siswa yang kurang hobi nongkrong di rumah dengan tumpukan tugas-tugas yang waktunya udah ngebet abis*
sekalinya ada guru yang jarang banget ngasi tugas tapi masuk kelas rajinnya nyolot banget, dia ngejelasinnya pake garing banget. Akhirnya sang guru menulis di papan, murid menulis di temlen twiter. Guru menerangkan di depan, murid listening di path. sad! *sok geleng-geleng kepala kayak project pop lalu kepalanya putus dan kelempar*

Gue juga kurang nyaman sama sekolah soal surat ijin. Itu tuh kalau kita lagi asiknya sakit, kita ngirim surat ke sekolah sebagai tanda bukti kita ga ngealibi. Bukan apanya, gue ga suka aja saat ngirim surat tuh, gurunya ga pernah banget ngebales. Malesin banget. Padahal secara harfiah, guru kan orang tua kedua kita? tau dong sifat orang tua dimana-mana itu nge-care-nya itu tulus banget. Guru gue ga perhatian banget. Bales kek dengan, "gws yah" atau cukup jadiin status di bebe. simple tapi kekuatannya itu buat kita jadi asik ngejalanin sakitnya.
Soal pe'er juga. Gue masih bersikap kurang senang nih kalau dikasi pe'er, soalnya gue masih kejebak sama kata guru yang bilang kalau sekolah adalah rumah kedua. Yah berarti si pe'er ini, ga ada salahnya dong kita kerja di sekolah? asal tepat waktu aja. Huft. Guru-guru ngeluarin setetmen, dia juga yang ga ngerti. ampun!
Gue juga punya pesen yang mungkin sebagian besar udah mewakili jeritan hati pelajar di luar sana:
Gue pesen kepada bapak dan ibu guru (2 ayam bakar cabe ijo, nasi lemaknya 2 porsi di satuin sama jus jeruk) mending ga usah deh berdiri depen gerbang sekolahan kalau pagi-pagi. itu gue jujur rada risih. Kami bukan butiran debu yang ga tau jalanan ke sekolah. Soal penertiban rambut panjang nan liar juga, gue ga suka. Yah maksud gue, itu rambutkan aset pribadi. Loh kalau disentuh apalagi dipotong paksa dengan hasil yang sangat-sangat kurang banget memuaskannya, itu hak untuk kebebasan berekspresinya kemana? bukannya sekolah jadi wadah mengekspresikan diri? Kalau udah gini? Rambut udah botak di tengah (di makassar sendiri, peristiwa penertiban rambut panjang disebut tokka') itu cowoknya biasa kayak habis dari tempat potong rambut madura yang mas-mas cukurnya baru belajar megang guntung dan sisir. Hancurnya pada pengen mintak dijambak. Udah dipotong paksa dan ga rapi banget, eh kena semprotan marahan pula. seolah-olah nuntut kesempurnaan banget gitu. Bu, pak, ga ada yang sempurna di dunia ini. Sempurna cuma milik pete rokok indonesia. .
Sebelum lanjut ke-2, akhir kata temen gue katanya mau tereak di jalan tol
"BU, PAK, WALAUPUN GUE GA TAU SIN COS TAN, GUE MASIH BISA BERNAFAS PAKE HIDUNG KOK!"

neksss..
2. Syukron pake banget buat guru ngaji gue dulu yang kalau sore nelantarin kami -gue beserta anak monyet lainnya yang ngaji tapi niat awal cuman ga mau dipaksa tidur siang sama mama- di depen mesjid yang kekonci. Entah saking bosennya kita nunggu atau bokong kami emang udah gatel abis, kami akhirnya memilih untuk memaksa masuk ke dalem mesjid melalui cela di atas jendela, bermodalkan badan temen yang emang keuji banget kuatnya untuk ngangkat kita satu-satu ke atas. Kita akhirnya masuk dan lari-larian dalem mesjid. Ngancurin sejadah dan mukenah yang udah kalian rapiin kemarin saat kejadian ini juga terjadi. Kami berakhir dengan telinga yang memerah, hasil seni dari tangan kalian. seolah menuntut rasa jerah dari anak ingusan yang belum tau apa-apa selain main kejar-kejaran itu seru!, syukron atas ilmu-ilmu yang sampe sekarang gue udah buta banget karena lupa dan ga mau kembali menyibukkan diri dalam bidang itu. Insya Allah, gue masih dikasi kaca mata sama Allah dalam bentuk sesederhana ekskul remaja islami di sekolahan. Tapi jika kalian membaca ini, tras mih! ustad dan ustadzah, kami jerah tapi kebahagiaan yang kami dapatkan membuat mata kami buta waktu itu, afwan namanya juga anak kecil. Sekarang kami yang udah pada gede udah tahu satu hal : ngelawan guru sekolahan, hadepin BK. Tapi kalau ngelawan guru ngaji, hadepin Allah. kami khilaf dan baru sadar setelah kami lulus. Untuk kalian yang sekarang entah di mana, semoga kalian tetep dalam perlindungan Allah. aamiin!

3. Untuk guru pribadi gue yang ada di rumah, tiap hari nyajiin masakan enak tak tertandingi. Guru yang segan banget ngeluarin kertas berwarna abu-abu dari dompetnya saat gue lagi rewel karena kepingin nyicipin manisnya eskrim. Percayalah anakmu ini, ma. suatu saat nanti, gue yang tidak akan segan-segan ngeluarin beratus-ratus lembar berwarna pink dari dompet gue, demi ngewarnai pahitnya kehidupan tuamu nanti. aamiin!

4. Untuk guru yang selalu negur gue kalau gue songong dan buta akan dunia, abang sakti. Dia banyak ngasi setatmen kalau gue drop dan akhirnya gue ngeup lagi. Selalu ngajarin gue makan pake tangan kanan (waktu kecil gue orang yang dominan make tangan kiri -kidal-), selalu bimbing gue ngehafal perkalian dulu, selalu ngajarin gue buat maafin tetangga sebelah kalau kami lagi main bareng tapi ada kesalahan khas anak kecil yang emang diselesaiinnya dengan cara anak kecil juga -musuhan/marahan gajelas-, selalu ngajarin gue kalau punggung tangan lebih bagus dari telapak tangan. Gue pake lope-lope terima kasihnya -oh iya- and the most important thing in my life right now : thank you very much, when books and pens too confusing. You help me with paint and brushes. Obviously, I still can hear your words. Yes, I'm still struggling and achieve your dreams, to be among the first, which is also good.
I owe, life for all.
brother slang, i miss you! *
nulis pake perasaan dengan hati-hati*

5. yang ke-empat gue mau kutip dari Colin Wright, colin.io yang ngomong gini :

 "Every day is a school day, and the world is classroom. life os a teachers: choose your curriculum"
Untuk guru yang ga pernah ninggalin gue barang sedetikpun. Ya dia, kehidupan dan pengalaman. Kinerja mereka sampai saat ini masih sangat indah, sayangnya dengan tenang, santai dan sadar gue menolak keindahan itu. bukan apa-apa, hanya saja gue yang belum matang menguasai konsep kolaborasi kalian. Semoga Allah selalu bersama kalian, walaupun sempat beberapa kali gue mendapati mereka membanting stir ke daerah tak bertuan dan nyaris putus asa dengan menabrakkan diri sendiri jika saja secercah cahaya membentuk seperti tangan Allah ga ngembaliin kami kejalan yang benar. thank you for making me what i am today. lanjutkan kinerja kalian. Suatu saat nanti -yang entah kapan- gue akan datang menepuk pundak kalian sambil berkata "apa konsep kolaborasi kita selanjutnya?"

*ngos-ngosan*
*tiba-tiba dapet sms*
"Ta, kamu islam? Ga ngerayain hari guru 'kan?"
 *cakar-cakar dinding blogger*
Gue baru sadar, bentar.. syoknya gue tadi kurang maksimal. oke ripitt egein!
"Ta, kamu islam? Ga ngerayain hari guru 'kan?"

ASTAGFIRULLOH!

Daripada gue delete sia-sia juga? pfttt..
Gue akuin, islam emang ga boleh nih kayak gini-gini, haram! *sok tahu gapake tempe, ga suka*
gue cuma jadiin ini moment buat inget aja kalau selama ini gue jarang tuh terima kasih sama mereka-mereka ini *nunjuk pake ala-ala syahrini*
jadi, mau ga mau yah tetep ikut aja. Toh gue juga ga mau jadi hamba yang udah bego, sok tau, melenceng lagi dari agama sendiri.

Akhir kata, gue cuma mau ngasi tau sekali lagi,
Selamat hari guru. Jadilah sosok guru yang selalu dirindukan kedatangannya, diamnya disegani, tutur katanya ditaati dan kepergiannya ditangisi. Ingat, guru terbaik adalah pengalaman. Cuma sampe sekarang, gue belum ketemu nih sama pak pengalaman ini.

"the best teachers don't give you the answer. the just point the way and let you make your own choices. your own mistakes. that own you get all the glory. and you deserve it"
- anonim -

 Assalamualaikum *keluar sambil tebarin bunga-bunga.. bunga pemakanam*

0 bacotan:

Posting Komentar

Mau gawl++?

Komen keless
*ngemis dikomenin*