efek duareboh

Assalamualaikum
Ijinkan gue memulai postingan gue kali ini dengan teriak
"TERIMA KASIH PAK JOKOWI!"

*ghem.. ghem, ghem*
dua hari yang lalu (tepatnya tanggal 17 november 2014) pemerintah Indonesia memutuskan untuk menaikkan harga BBM sekitar 30% atau seharga Rp. 2000
Jujur, pas denger itu gue .. MIMISAN! *Kunyah tombol capslock*

bagaimana tidak? gue yang ke tokoh depen rumah aja naek motor bakalan berubah secara drastis. Sekarang gue bakalan jalan kaki man. Ke depen rumah jalan kaki! Ke depen rumah jalan kaki! Jalan kaki! Itu kebayangkan capeknya jalan kaki? Pengen permen, tokoh depen rumah jual permen. Yang biasanya gue keluarin motor terus caw ke depen rumah terus beli permen. sekarang, gue ambil sendal, jalan 3 langkah, terus beli udah gitu balik 3 langkah sampe. GUE LEBIH MILIH NAIK MOTOR! *biar ketahuan punya motor gitu*

2000 itu lumayan loh. 
Air gelas dapet dua. 
Teh gelas dapet satu.
Permen dapet lima.
Cinta dapet ngg..

Baru aja tangki bensin gue minta diisi, duit di kantong tinggal sepuluh rebu
"berapapun naiknya BBM, tetep aja ngisinya itu FULL. Iya, SeFULLurebu! Atuhlah.."
Sampe depen pom bensin, gue masih sempet-sempetnya mikir dua kali, "apa gue pulang dulu aja ya? biar nyokap yang isi..". suara yang maha dahsyat ngehantam telinga gue, "lo pulang terus di tengah jalan lo dorong motor, emang ga papa?"
MIMISAN LAGI!

Gue dengan langkah gontai penuh keraguan masuk di jejeran motor yang nge-sad banget mimiknya. Gue liat ada motor yang lagi ngos-ngosan. ada motor yang lagi ngelap keringetnya. ada juga motor yang lagi asik ngerumpi sama motor laen, asik ngebahas bbm. eh di ujung sana, ada motor yang dramatis abis, tereak-tereak sambil manyun "Oh kini tangki full tinggal kenangan", mungkin pemiliknya anak kos-kosan.Gue ngelirik motor gue, gue bilang "cup, cup. di rumah ada air radiator. banyak!"
Kasihan mereka. 
Selanjutnya gue isi 10 rebu. Ekspektasi gue, bisalah ngisi setengah tangki. Kampretnya, ekspektasi emang jauh dari kenyataan banget. jarumnya yang harusnya emang ada di tengah-tengah antara E dan F itu ga goyang mamen! Naik seinci doang dari E!
gue jadi ga rela banget ngasi si mbak-mbaknya duit. Gue terlibat sedikit adegan tarik-menarik duit. mbak-mbaknya juga ngebet banget. 5 menit kemudian gue bareng mbak-mbaknya baku tikam. 5 menit ke tiga mbak-mbaknya nyemprotin gue pake bensin. Disusul sama temennya yang ngasi gue rokok. kebetulan di kantong gue ada korek, gue bakar rokoknya. KEBAKARAN!
Gue nari zaman!
Gue ga terlalu yakin bisa tahan hidup berapa hari lagi!
  
"Tapi, ini demi menghadirkan belanja negara yang lebih bermanfaat bagi rakyat," ujar Jokowi
Ga ada tapi-tapian (ala-ala sinetron) realokasi yang om lakukan dampak banget sama masyarakat. Masyarakat bertindak tak terkendali, bahkan mungkin inflasi juga jadi ga terkendali gini. Demo di mana-mana. Mogok di mana-mana. INI SAMPAI KAPAN OM? 
ga ada ujungnya banget.
Gue udah ga tau gue hidup di negara apa sekarang. Bbm naik dengan alibi mengatas namakan rakyat, padahal rakyat sendiri yang kena dampak langsungnya. Harga makanan naik. harga minuman naik. harga pulsa naik. Harga diri turun!
Iya. harga diri turun. Tadi aja temen gue ada sekitar 300-an yang minta nebeng di sekolahan. Koridor sekolah jadi rame, tiap ada siswa bawa helm menuju parkiran uh udah robek baju dia pas keluar dari koridor. Mereka-mereka yang minta nebeng juga cerdas-cerdas. Mulai dari ngedipin mata sambil ngomong "mau aku temenin pulang?", atau yang bermodalkan kepintaran "gue kasi lo jawaban pas ulangan, asal anterin gue pulang ya?", sampe ada yang ngemis nangis darah "kakak aku sakit kakak, bisa antar pulang ga?"

Pas keluar dari parkiran sekolahan, gue liat para penjaga parkiran juga mulai bertambah dikit. gue tanya kang parkirnya, "mas, sendiri aja nih? yang lain mana?". "Mereka beralih profesi, katanya yang jelasnya ga jadi tukang parkir lagi. Soalnya bbm sekarang naik, bakalan sedikit nih yang naik motor ke sekolahan lagi". Gue harus akui, teori mereka cerdas juga. Think the future gitu haha. Atuhlah. Gue kasi duit duarebuh terus gue caww, dia tereak "woi! duareboh cukup apaan?", gue balik tereak sambil nyengir kuda "BACA BLOG GUE!"

Gue kadang mikir. Bbm naik, yah harusnya pelayanannya juga dinaikin dong? Biar kita ga ngerasa rugi bayarnya. Ngisi bensin sambil pijet refleksi contohnya, atau kata kakak alumni gue bisa juga diadain menikyur atau pedikyur. Biar kita di pom bensinnya itu santai kayak di pantai, selow kayak di pulau. Huh yakin deh, pom bensin di Indonesia bakalan lebih rame dibandingin Circle K! anak gaul pada nongkrong semua di sana. Saik!

Efek naiknya bbm ini sampe ke telinga nyokap ama bokap. "aih kamu.."
Bokap sama nyokap langsung negasin ke kita-kita anaknya, 
"Etensen pliss. karena bbm udah naik ..(gue bahagia banget, gue pikir uang jajan gue juga bakalan naik).. jadi uang jajan kalian (Gue udah pake kuda-kuda dengan gaya ubur-ubur mau salto).. TURUN!"
WATDE.. "aduh!"
jeritan kecil keluar dari mulut mungil adek terakhir gue, "lo kenapa?". dia diem, pandangannya kosong ke arah gue, tiba-tiba rambut kepalanya berdiri. Dia berubah jadi goku lalu memakai jurus super saiya, kemudian teriak "lo jitakk pala gueeeeee!"
Belum kelar masalah gue bareng adek terakhir gue, eh masalah baru muncul bareng adek kedua gue. "BBM naik? ah gue tadi malem liat di playstore ga tuh. tetep gratis aja". Gue emang ternyata lahir di keluarga salah gaul. setelah panjang lebar gue jelasin, gue kira dia udah ngerti. "Kak padahal berapapun harga BBM, pas buat status 'chat yuk?' tetep aja ga ada yang respond"
Mata gue udah berkunang-kunang.
Gue ga sadar.

Pas sadar gue udah di kamar adek gue. "kamu kenapa ga bales bbm aku?", oh dia lagi telfonan sama pacarnya. kampret. Pacar gue mana? Pacar? mana pacar? puss.. puss.. (nyari di kolong tempat tidur) oh lupa. ga punya pacar. Tiba-tiba, "kak, pacar gue kok gini banget ya?". YAELAH! "dek, lo masih bagus punya pacar. lah gue?". eh dia cemberut
"Lo kenapa?"
"pacar gue sering ga bales bbm kak, di-read doang" katanya sambil masang muka pengen ditonjok
gue nyanyi aja dengan nada-nada iklan yakult, "cintai pacarmu, sebelum diambil orangg"
"KAKAK!" teriakannya buat dinding kamarnya rada retak
gue balik marah, "BBM NAIK, RIBUT. BBM GA DIBALES, RIBUT. UDAH PUTUS AJA UDAH!"
*nginjak-nginjak kapslok*

Capek gue.
Hidup di Indonesia gini amat ya
Kata Om Jokowi juga ini baru langkah awal pemerintah mengembangkan Indonesia.
LANGKAH AWAL GIMANA? MENGEMBANGKAN INDONESIA GIMANA?
Huft. Om! Tau ga iklannya minyak kayu putih? iya, -untuk yang tersayang, jangan coba-coba-
Udah om. Om sayang kan sama jabatannya om? Om sayang kan istana negara? Om sayang kan sama aku *eh salah fokus* jangan coba-cobalah om. Ini Indonesia. Bukan negeri orang yang isinya tuh kaya semua. Coba terima kenyataan Indonesia emang negara ngg.. *tau sendirilah gimana keadaan ekonominya* Itu ga bisa dipungkiri. nenek di thailand juga tau, kita di Indonesia itu gimana. Iya nenek-nenek di sana tau, KITA SAMA-SAMA GAULNYA DENGAN DIA!
Udah om. Turunin lagilah harga bensinnya. Bukan om, bukan maksud gue negur atau gimana lah. Tapi, ini masalah masyarakat menengah ke bawah (termasuk guweh juga sih). Kami kalau gini terus, harga diripun kami jual kalau bisa. melarat amat kite.

Udah ah
percuma juga ekspresiin diri, om juga ga bakalan baca.
Udah cukup gue biarin tangki bensin gue aja yang kosong, ga dengan tangki komen kalian!
*ngos-ngosan*
*capek ngetik*
*tiba-tiba jari telunjuk lepas dari tangannya,*

2 bacotan:

koskakiungu mengatakan...

haha :D #lucu juga ini blog

salam kenal yach #mau dong diajarin jadi anak gawl #kedip kedip

Unknown mengatakan...

Pft, boleh. Kapan lagi ngajarin orang salah gawl? *bawa papan tulis*

Posting Komentar

Mau gawl++?

Komen keless
*ngemis dikomenin*