Mari Mensiswakan Siswa!


Assalamualaikum

“KAMI LEGA PAKE H JADI LEGAHHHHHH!”
*Bakar ban.. ikan bandeng maksudnya*
 
Kira-kira seperti itulah ungkapan perasaan dari beberapa siswa-siswi SMA di kota Makassar.
Tentunya gue salah satu dari mereka yang telah lama menunggu tanggal 10 ini, hari terakhir ujian *ketawa setan*. 

Dari ujian yang hampir buat gue anemia karena mimisan mulu, gue banyak dapet pelajaran tentang pahitnya jadi pelajar. Gue baru sadar ternyata ada beberapa hal yang selama ini gue ludahin. Gue anggep remeh. Tapi beh, itu ngg..

Mulai dari gagalnya gue belajar sampe gagalnya gue nyontek yang tentunya merujuk pada gagalnya gue menjadi siswa. Penyesalan main ayunan dalam pikiran gue.
Ujian hari pertama yang harusnya gue sama Tuhan kolaborasi saling menciptakan simbiosis mutualisme, sangat di luar dugaan. Akhirnya dengan bengis, benteng pertahanan yang gue udah tetapin dari awal masuk kelas 2 SMA itupun hancur, benteng yang bertuliskan “GA BOLEH NYONTEK, NYONTEK IS LEMAH”

Kejadian itu terlalu cepat buat dicerna oleh pikiran.

Saat itu –saat LJK dan lembaran soal dibagiin, jujur otak gue seolah berhenti bekerja memproses segalanya, seolah lumpuh dan tidak bisa berfungsi lagi *jiwa puitis mencuat*. Gue tiba-tiba jadi buta aksara. Gue bilang apa? Yang diajarin temen emang beda yang masuk di soal, ini soal aliran sesat.

Asal kalian tahu teman-teman
“Ada saat dimana kita terlalu takut hingga kita lupa untuk menggunakan akal kita untuk berfikir jernih.” 
Dan saat itu adalah saat ini. Saat gue ujian dan duduk di bangku paling depan plus ga nguasain materinya. Clear bego!
Rasa takut gue bahkan buat otak gue ngambil alih pergerakan tubuh gue, dengan cepat memerintahkan syaraf gue untuk segera menyelamatkan masa depan dengan menyontek. Akal sehat gue menjerit protes, “udah 30 menit lo baru isi biodata? Sadarrr, waktu ga nungguin kamu”


Satu hal yang harus kalian ketahui tentang gue, gue adalah tipe cewek yang lebih memilih nyaman untuk menghadapi suatu konsekuensi yang diakibatkan oleh tindakan ceroboh  gue sendiri dibandingkan harus berhati-hati. Itulah cara terbaik dalam mekanisme pertahanan diri di kehidupan yang selama ini gue jalankan.

Gue memanfaatkan posisi yang kurang memberuntungkan ini untuk segera dengan sigap dan lincah balik ke belakang, “lo udah nomor berapa?”. Dengan gaya curut lagi sante temen gue ini jawab, “gue baru isi nama”. Gue kejang-kejang di tempat. Niat nyontek gue seketika berubah jadi niat pengen serut kepalanya sampe runcing terus gue pake buat bundalin kertas LJK. Meskipun suka banget gue tanya terus jawabannya “gue ga tau”, entah kenapa gue tetep aja selalu memilih balik ke belakang buat nanyak jawaban lagi dan lagi. Dia seperti punya magnet sendiri untuk menarik mata dan badan gue supaya terus nanya ke dia, padahal gue sadar sendiri.. gue masih mendingan dari dia *sempetin baikin image*

Ga lama kemudian, tangan Tuhan bergerak. Guru yang ngawasin ruangan gue nyadarin kebiadaban gue. Pengawasnya makin dekat sama gue. Ternyata gotcha! Gue kena teguran. Mata pengawasnya kayak ngelempar pisau daging ke arah gue. Kedenger jelas suara jantung gue berdegup kencang memompa darah keseluruh tubuh *puitis lagi*. Kilahan gue buat ngebela diri mulai terbata-bata karena kehabisan oksigen di paru-paru. Gue dengan pasrah neguk habis marahan yang dilempar bertubi-tubi bermajas sarkasme dari si pengawas.

Gue benar-benar sial hari itu, kedapetan nyontek dan setengah mati mendem malu sampai di ubun-ubun bukanlah berkah yang harus disyukuri.

Setelah kegagalan nyontek itu, gue langsung balik ke rumah dengan wajah pasrah. Kakak sepupu gue dengar kronologi nyontek gagal ala gue, dia malah ketawa geli. Dia bilang, “ini kedengaran licik banget buat diketawain tapi ga ada salahnya matahin keseriusan”
Nurani gue mengejek diri gue sendiri. Biasanya gue ga sedrop gini. “andai aja abang masih ada, dia pasti udah ajarin gue mati-matian”, Cuma itu yang berputar-putar dalam pala gue.

Di tengah malam setelah sholat tahajjud gue duduk di pinggir tempat tidur sambil baca buku dengan tampang (sok) frustasi. Badan gue bahkan ga nyentu pacar gue (baca:kasur gue) sama sekali. Gue hanya nyoba untuk menguasai materi ujian selanjutnya. Kesalahan gue emang udah dari awal, nyia-nyiain waktu banget. Seperti
biasa, “penyesalan selalu datang telat”. Tapi gue ga mau stuck aja, KENAPAHH? NIH ALESANNYA! NAH!

Tiba-tiba kakak sepupu gue dengan kebaikan yang ga fatamorgana bawain ember yang isinya air hangat lengkap sama waslapnya, “Kita itu sama. Gue pernah drop karena ga pede sama kertas LJK yang harus keisi dalem 2 jam dan yang gue butuhin waktu itu cuma rileks dan belajar. Gue kira lo butuh ini buat rileks” setelah gitu dia liat materi gue, ternyata dia lumayan juga. Jadilah besok paginya, berbekal ngemis-ngemis sama Tuhan buat dilancarin ujiannya, gue masuk ruangan. Selama ujian Alhamdulillah! Gue udah mule ga ngemis dikit demi dikit, gue cuma nanya rumus doang.



Kita hanya berusaha belajar buat UAS, baik-tidaknya temen pula yang akhirnya menentukan
-Anonim-

Awal baca kutipan yang dijadiin pe’em sama temen di be’em itu gue diem-diem setuju. Setelah (pulang dari klinik tongsampah) kedapetan nyontek, pandangan hidup gue berubah. Ga sadar Tuhan banget gue ternyata
Padahal Tuhan udah ngasi kita contoh pelajaran “kita ga selalu bisa dapetin yang kita mau” yaitu ketika kita belajar mati-matian nilai pas-pasan, yang lain ga belajar nilai gede. Jadi percuma juga, pinter tapi (ga bagi-bagi jawabannya) ga taat ibadahnya. Tuhan mah bisa aja tuh, nyabut kepintaran kita sekedip mata. kan ada saatnya ketika orang pintar kalah sama orang yang beruntung. 

Ini juga, siswa yang tipenya kayak gue (selalu ngemis sama yang lain) coba deh belajar dengan baik, hargain waktu, focus sama target masa depan. Main? Main boleh, yang ga boleh itu main ke rumah mantan saat belajar. Kan enak tuh kuasain materinya, ga capek nyari jawaban lagi. Gue sih jujur capek banget gelisah saat semuanya udah pada ngumpul, lah gue baru nomor 15. Belum lagi kedapetan nyontek, ga malu?

Ohiya sori, ga malu mah sekarang udah jadi suatu kebanggan yah?
Wow! Dunia penuh kejutan.

Tapi dari semua itu, gue akhirnya dapet satu hal yang jadi pengobat kegaloan yang ga jelas banget. Akhirnya dengan sangat indah, mimpi yang selama ini kami harapkan terkabulkan. Kemendikbud bisa merasakan kegagalan kami menjadi siswa selama kurikulum 2013 diberlakukan di Indonesia akhirnya DIHENTIKAN! HAHA. 

Jujur sih yah ini adalah suatu kehormatan bagi kami yang patut diapresiasikan dengan senyuman lebar melewati telinga. Itu sebagai ungkapan hormat kami kepada keputusan yang amat sangat bijak oleh prof. anies baswedan. Gue jadi keinget pernah ngetweet ucapan buat pak anies baswedan sewaktu dilantik kemarin, gue sekalian nyinggung kurikulum 2013 sih. 



Akhir kata gue cuma mau mastiin di soal UAS kamu ga ada pertanyaan “emang kamu siapanya dia?”
Ga ada? Oh, Aman kalau gitu.

Eh gue ga jadi akhirin dengan pertanyaan itu deh, gue mau akhirin dengan ngasih kutipan dari gue pribadi

“Sesulit-sulitnya pertanyaan dari soal UAS, masih ga ada yang ngalahin sulitnya pertanyaan hai apa kabar mantan? Kamu udah sholat?”

0 bacotan:

Posting Komentar

Mau gawl++?

Komen keless
*ngemis dikomenin*